Laman

Wednesday, May 25, 2011

BERHENTI SEJENAK






DOR.......!DUA..AARRRR....!!!", Suara senapan & tembakan brsahut-sahutan. Di sebuah medan perang, sekel0mp0k prajurit sedang diserang lawan, mereka dihadang oleh pasukan dg jumlah yg lbh bnyk n brsnjata lengkap, krna gk mampu melawan, mrka hanya bs brtahan. Semakin lama, perang smakin gk seimbang, perintah mundur pun diberikan,semua brlarian, dikejar desingan peluru n suara ledakan.. Ah... Perang sungguh mengerikan! Hidup n mati bagai tak terpisahkan, pikiran penuh dg ketakutan. Dlm kekalutan, pasukan trcerai berai, tak tahu lg arah n tujuan. Yg pntg nyawa trselamatkn. Se0rg prajurit muda terus brlari menc0ba menjauh dr medan pertempuran, tp setiap kaki melangkah, peluru ikut d blkg. Ia sdh lelah, capek sekali rasany, akhrny ia trsandung batu n jat0h k tanah, "BUUUM...!". Ia tak mampu lg brdiri. Suara tembakan makin trdgr jelas, tp tiba2 ia melihat buah cerry brgantungan d sampingny,"wah.., pasti lezat sekali buah cerry ini, aku lapar sekali...", tanpa brpikir pjg, dipetikny buah cerry yg sdh matang, lalu satu persatu dimakannya, "maniz sekali, segar rasany..nyam....nyam....". Ia tak peduli lg pada suara senapan, yg trpikir saat itu hanyalah buah cerry yg mengenyangkan. Lama ia trbawa perasaan, menikmati buah cerry tanpa menghiraukan sekelilingny, ketika ia trsadar, yg trdengar hanyalah suara alam. "lh0.., kmana semua org, dimana semua pasukan?", pikir ia keheranan. Akhrny ia brdiri, melihat sekeliling, dan ia merinding. Semua teman sepasukan brgelimpangan menjadi mayat dg luka tembakan yg mengerikan. Dipgglny satu persatu, tp tk ada sahutan, yg ada hanyalah kesunyian. Kini ia tahu, hanya dia yg selamat, diselamatkan oleh buah cerry yg mengagumkan.



Sadarkah kita kalau setiap saat kita menghadapi k0nflik n peperangan ddlm batin n khidupan? Perang yg menimbulkan brjuta masalah n pers0alan. Kita slalu brharap, kita mampu memenangkan perang ini, brharap semua masalah akn brlalu dan trselesaikan. Tapi bagaimana jika yg trjadi adalah kbalikanny, bukanny trselesaikan, malah ia brubah menjadi raksasa yg siap menerkam, apa yg harus kita lakukan? Bila demikian, cobalah utk brhenti sejenak didalam ketenangan, apa gunanya?



Pertama, kita lelah karena merasa dikejar trus oleh masalah, dikejar? Ya, karena kita ada di depan!. Masalah trus mengejar di belakang, mengejar kmana pun kita brlari. C0balah utk brhnti sejenak, dan membiarkn msalah lari melewati kita, biarkan ia brlalu. Mungkin kita akn trkejut, karena ketika kita tiba, trnyata masalah yg kita risaukan selama ini sudah trselesaikan, trkikis oleh waktu yg trus brjalan..



Kedua, semakin kita pikirkan dan takutkn, trnyata masalah akn semakin brkembg, membesar menjadi raksasa yg siap menerkam. Ketika tak mampu lagi d lawan. Brhentilah sejenak di dalam ketenangan, karena kejernihan pikiran dan kebijaksanaan akan dtg, didalam ketenangan, kita akn menemukan jalan penyeselasaian, dan di dalam ketenangan, kita akn mampu melihat masalah yg kita hadapi, trnyata tidak sebesar yg kita bayangkan..

No comments:

Post a Comment