Laman

Sunday, May 29, 2011

BERBAGI


Bila saat ini kita mendapakan uang Cuma-Cuma Rp. 10.000, tetapi kta harus menyisihkan Rp.1000 untuk dibagi, apakah akan kita beri? Saya yakin kita tidak akan keberatan untuk berbagi. Di lain kesempatan kita mendapakan uang Cuma-Cuma sebesar Rp.1 Miliyar, tetapi syaratnya kita harus menyisihkan RP.100 juta untuk dibagi, relakah kita beri?, sejenak kita terdiam dan berpikir, “100 juta?? Wah …. Nilainya besar sekali, buat apa ya? Siapa yang meminta ya? Kenpa harus uang saya yang diambil ya??” , dan seribu satu alas an dan keberatn kita ungkapan sebagai dasar penolakan. Kita menjadi sedih, karena harus kehilangan uang sebesar itu.

Sekarang mari kita mulai berhitung ketika kita memberti Rp. 1000 berarti kita harus berbagi 10% dari rezeki Rp. 10.000 yang kita dapatkan, kita rela dan iklas berikan. Hal ini dikarenakan nilai Rp. 1000 adalah nilai yang kecil dan di anggap tidak berate. Tetapi ketika kita harus berbagi Rp. 100 juta ? kita tidak rela, karena nilai nya besar sekali. Tapi kalau dihitung, bukanka nilainya juga 10% dari rezeki yang kita dapat bukan ?

Jika demikian , jadinya kita merasa lebih nyaman dan bahagia jika rezeki yang kita dapatkan Cuma Rp.10.000 saja, daripada mendapatkan rezeki Rp. 1 miliyar, masuk akal bukan??

Setahun sekali kita diminta untuk berzakat, berbagi rezeki, berbagi kasih. Seringkali ketika masih hidup sederhana, kewajiban kita penuhi rezeki yang didapat kecil, recehan pun rela dibagi. Tapi bagaimana bila hidup sudah berlebih dan rezeki mengalir deras tanpa henti??, masihkan ingat berbagi? Ataukah keangkuhan dan kesombongan yang melekat dihati?

Ingatlah, walau hari ini kita berlebih, esok masih tak pasti.

Hidup ada pasangnya, ada juga surutnya . rezeki yang kita miliki dan nikmati hari ini, TIDAK ADA 100% yang kita hasilkan sendiri! Sebagian besar adalah hasil kerja, keringat, dan usaha orang lain. Jadi tidak perlu terlalu tinggi hati, mari mulai berbagi, karena didalam setiap rezeki terdapat hak orang lain.


Ingatlah, rezeki yang Tuhan beri, sepadan dengan kebesaran hati. Jadi, mana yang akan kita pilih, rezeki Rp. 1 miliyar , ataukah hanya Rp. 10.000???


No comments:

Post a Comment